Permasalahan Konfigurasi Firewall - Tio Sknz


Rangkuman

1. Firewall sebagai sebuah sistem perangkat lunak atau perangkat keras untuk keamanan jaringan dengan cara menyaring lalu lintas yang masuk atau keluar pada jaringan komputer.

2. Firewall di rancang untuk mengendalikan aliran paket berdasarkan asal, tujuan, port, dan informasi tipe piket.

3. Pada konfigurasi firewall mikrotik terdapat beberapa pilihan action, diantaranya Accept, Drop, Reject, Jump, Tarpit, dan Passthrough.

4. Fitur windows firewall berfungsi untuk melindungi komputer dari serangan-serangan infeksi malware, virus, atau program jahat lain terutama yang menyerang dan menyebar melalui jaringan dan internet yang di anggap mencurigakan.

5. Jika firewall mengalami eror, file corrupt, atau masalah-masalah gangguan yang lain, tentunya setiap sistem/program yang berkaitanakan terganggu sehingga berdampak dengan terputusnya koneksi internet.

6. Firewall dapat berupa perangkat lunak (program komputer atau aplikasi) atau perangkat keras (peralatan khusus untuk menjalankan program firewall) perangkat yang menyaring lalu lintas jaringan antara jaringan.

7. Ubuntu dilengkapi dengan suatu aplikasi yang mempermudah konfigurasi firewall yang di kenal sebagai UFW (Uncomplicated Firewall) yang di sajikan sebagai front-end iptables.

8. Secara default, UFW akan memblokir semua koneksi yang masuk dan memungkinkan semua koneksi keluar. Hal ini berarti siapapun yang mencoba mengakses server, mereka tidak akan dapat terhubung kecuali anda secara khusus membuka port, sementara semua aplikasi dan layanan yang berjalan di server akan dapat mengakses dunia luar.