Bandwidth dan Throughput - Tio Sknz



Bandwidth


Bandwidth adalah besar kapasitas transfer data dalam satuan waktu bit per second (bps).
Satuan pengembangan yang digunakan terdiri dari bit, byte, kilo, mega, dan giga. Bandwidth bisa digunakan untuk mengukur aliran data analog maupun aliran data digital.

Klasifikasi Bandwidth


Kecepatan akses internet dapat diukur dari lebar pita (bandwidth) sebagai ukuran dari besarnya kapasitas untuk pemindahan atau transfer data. Semakin besar bandwidth yang dimiliki, maka kecepatan aksesnya semakin besar.

Bandwidth dapat dikategorikan menjadi 2, yaitu Bandwidth Analog dan Bandwidth Digital.

1. Bandwidth Analog

Bandwidth analog adalah besarnya rentang frekuensi (dalam satuan Hertz) dimana sebuah sinyal dapat diperoleh secara akurat. Bandwidth analog ini memiliki ukuran yang lebih rendah daripada bandwidth digital.

2. Bandwidth Digital

Bandwidth digital adalah jumlah dari pulsa per detik yang diukur dalam bits per second (bps). Tipe bandwidth ini menggunakan sinyal digital dalam transmisinya. Ukuran bandwidth digital lebih besar atau lebih lebar dari bandwidth analog.



Konsep Bandwidth


Dalam istilah internet, kuota identik dengan alokasi/jatah yang diberikan ISP untuk pelanggan sebaga batas pengguna internet dalam bentuk kecepatan/internet speed/bandwidth atau jatah berupa volume, akumulasi total data yang dapat di download dalam satuan Mb atau GB.

Konsep bandwidth internet dapat dikategorikan menjadi 2, yaitu Bandwidth Uplink dan Bandwidth Downlink.

1. Bandwidth Uplink (Batas Kecepatan Upload)

Upload bisa diartikan sebagai mengunggah atau mengirim data berupa teks, gambar, pesan, video, dan lain-lain ke perangkat lain menggunakan jaringan komputer atau internet.
Contoh : mengunggah foto ke Facebook, atau mengirim sebuah pesan ke WhatsApp, Instagram, Facebook, dan sebagainya sudah bisa dikategorikan sebagai upload.

2. Bandwidth Downlink (Batas Kecepatan Download)

Download adalah proses mengunduh (mengambil) data dari perangkat lain atau internet dalam wujud text, gampar, pesan, video, dan lain-lain ke komputer tujuan dengan menggunakan jaringan komputer atau internet.


Throughput


Throughput identik dengan bandwidth yang sesungguhnya (aktual) yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu. 

Contoh, ketika Anda menggunakan internet dengan bandwidth sebesar 5 Mbps, namun ingin mengunduh file dengan kecepatan 4,2 Mbps. Inilah yang termasuk ke dalam throughput. Maksudnya, throughput merupakan kecepatan asli dari transmisi yang dikirimkan. Throughput akan selalu lebih kecil dibandingkan dengan bandwidth.

Faktor Throughput


Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besar kecilnya throughput pada saat mengirim dan menerima data lewat jaringan internet, antara lain

1. Kualitas Jaringan

Pada dasarnya, kualitas jaringan yang paling baik adalah jaringan kabel, karena bebas interferensi. Beberapa faktor yang sering mengalami gangguan signal drop atau kualitas signal jelek (interferensi) banyak ditemui pada pengguna wireless seperti GSM, CDMA, dan WiFi.

2. Jam Sibuk

Jika pada jam-jam sibuk internet mendadak menjadi lambat, kemungkinan alokasi bandwidth ISP sedang penuh, sehingga paket data yang dikirim atau terima mengalami pending. Ketika semua user aktif, maka paket data menjadi antri. Sedangkan ketika sedikit user yang aktif, maka bisa mendapatkan speed internet lebih dari yang ditentukan.

3. Malware

Malware adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, server, atau jejaring komputer tanpa izin dari pemilik. Contohnya seperti Adware, Virus, Worm, Trojan, Ransmoware, Spyware, dan lain-lain. Malware dibuat dengan tujuan untuk merusak perangkat, mencuri data/informasi, dan lain sebagainya.

4. Kecepatan Uplink Server

Server yang digunakan website besar selalu mengalokasikan uplink yang besar, tapi jika pengunjung berlebihan maka tidak menutup kemungkinan uplink tersebut akan habis, sehingga ketika Anda mengakses server tersebut dan mendownload data, maka kecepatan yang Anda dapat tidak akan full.


Perbedaan Bandwidth dan Throughput



Bandwidth yaitu jumlah atau besar data yang dilewatkan oleh media tertentu. Sedangkan throughput yaitu kemampuan besar data yang bisa lewat pada kondisi yang aktual (sebenarnya).