Protokoler Server Softswitch - Tio Sknz


Voice over Internet Protocol (VoIP)


VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung.

Prinsip kerja VoIP yaitu mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada komputer menjadi paket data digital, kemudian  dari PC diteruskan melalui HUB/Router/ADSL Modem yang dikirim melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama.


Kelebihan VoIP

1. Biaya yang terjangkau
2. Bandwidth yang relatif rendah
3. Penggabungan jaringan besar
4. Memanfaatan infrastruktur yang ada

Kekurangan VoIP

1. Adanya jeda komunikasi
2. Berpotensi jaringan terhambat/stuck
3. Kualitas suara tidak jernih
4. Peralatan relatif mahal


Komponen VoIP


Untuk dapat melakukan komunikasi menggunakan VoIP, dibutuhkan komponen pendukung/ unsur pembentuknya. Beberapa komponen yang harus ada dalam VoIP adalah sebagai berikut.

1. User Agent

User agent seperti telepon berfungsi sebagai pemanggilan dan menerima telepon yang dapat berasal dari sambungan komputer dengan komputer, komputer dengan IP Phone, maupun komputer dengan PSTN. User agent juga dapat berupa software maupun hardware.

2. Proxy

Untuk mengoperasikan proxy dibutuhkan softswitch. Versi softswitch opensource dan yang cukup terkenal adalah Asterisk, OpenSER, SER, dan Yate. Adapun softswitch yang berbayar dapat diperoleh di website Axon atau OnDo SIP Server.

3. Protocol

Terdapat dua teknologi yang digunakan untuk VoIP, yaitu H.323 dan SIP. H.323 sebagai teknologi yang dikembangkan oleh ITU (International Telecommunication Union) dan SIP (Session Initiation Protocol) sebagai teknologi yang dikembangkan IETF (Internet Enggeneering Task Force).

4. VoIP Server

VoIP server adalah bagian utama dalam jaringan VoIP. Walaupun tidak wajib ada di jaringan VoIP, tetapi sangat dibutuhkan untuk dapat menghubungkan banyak titik komunikasi sever. VoIP server juga menyediakan layanan-layanan yang biasa ada di perangkat PBX (Private Branch Exchange), voice mail, IVR (Interactive Voice Respon), dan lain-lain.

5. VoIP Switch

Switch (Network Switch) adalah perangkat keras yang menghubungkan beberapa perangkat dalam jaringan fisik yang sama. Dalam kasus teknologi VoIP, switch akan menghubungkan router ke komputer dan IP Phone.

Sangat penting untuk memiliki VoIP Switch ketika banyak perangkat yang terhubung ke sistem telepon VoIP, karena router umumnya hanya memiliki port Ethernet dalam jumlah terbatas. Salah satu fungsi Switch yaitu untuk membuat beberapa VLAN. Misalnya, memiliki satu VLAN untuk VoIP dan satu lagi untuk data akan mengoptimalkan bandwidth jaringan, mempermudah penanganan aliran data, dan meningkatkan kualitas panggilan.

6. Proses Codec (coder-decoder)

Codec adalah nama lain dari coder-decoder yang juga memiliki arti lain yaitu compressor-decompressor. Istilah yang paling banyak disebutkan yaitu kompressor.

Dalam dunia komputer, codec merupakan sebuah cara untuk mengkompres video, audio, maupun gambar dengan ukuran sesuai ketentuan. Adapun tujuan VoIP membutuhkan proses codec yaitu untuk mengkonversikan sinyal audio menjadi data digital yang dipadatkan (dikompresi), kemudian dikirim melalui jalur internet.

Ada dua metode dalam melakukan kompresi yaitu lossy dan lossless. Untuk metode lossless misalnya Huffyuv dan MSU akan menghasilkan video tanpa data yang hilang. Sedangkan untuk metode lossy, akan menghilangkan beberapa bagian yang tidak diperlukan dengan tujuan untuk menghemat ruang.

7. Softphone

Softphone adalah program yang dapat digunakan untuk menelpon melalui jaringan internet dengan menggunakan komputer.

8. VoIP Gateway

VoIP Gateway digunakan untuk menghubungkan antara jaringan H.323 dan jaringan non H.323 sebagai dua jenis jaringan yang berbeda. Jika terdapat dua terminal H.323 yang sejenis, maka VoIP Gateway tidak bisa digunakan untuk berkomuikasi.


Jenis Softphone di Indonesia


1). X-Lite

X-Lite adalah softphone untuk VoIP yang berjalan melalui protokol SIP. Selain suara, X-Lite juga digunakan untuk saling berkirim text dan video

2). IAX-Lite

IAX-Lite adalah softphone yang berjalan melalui protokol IAX. IAX dikembangkan oleh Asterisk (IP PBX) yang merupakan protokol signaling.

3). MyPhone

Untuk protokol H.323 dapat menggunakan MyPhone.

4). SkyPe

SkyPe salah satu penyedia softphone gratis sekaligus layanan PC to PC call yang prima. Softphone SkyPe ini bisa bekerja di jaringan milik SkyPe.